Sedot WC Surabaya – Berdasarkan hasil sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pada dudukan toilet atau WC terdapat jamur, ragi, kuman dan bakteri yang sewaktu waktu dapat terpapar terhadap para pengguna toilet. WC yang telah diteliti tersebut merupakan WC yang telah dibersihkan, sehingga disimpulkan bahwa masih ada banyak orang yang salah dalam membersihkan Wc atau toilet.

Menurut seorang ahli di bidang kebersihan toilet, ada beberapa tahap dan proses serta peralatan yang sebaiknya digunakan saat membersihkan WC atau toilet.  Berikut daftar persediaan produk untuk disinfeksi permukaan toilet atau wc yang tepat.

  1. Sepasang sarung tangan karet
  2. Satu atau dua Spons Scrub
  3. Satu botol pemutih yang dapat digunakan di seluruh rumah
  4. Sebotol Pembersih Mangkuk Toilet Dengan Pemutih
  5. Satu pak tisu pembersih
  6. Sebotol Pembersih Kamar Mandi

 

Proses Pembersihan

Ketika anda hendak membersihkan WC, sebaiknya anda awali dengan bagian mangkuk terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan produk yang banyak beredar di pasaran untuk membersihkan dan mendesinfeksi kuman yang berada pada toilet. Sebagai rekomendasi, anda bisa menggunakan sebotol pembersih toilet yang mengandung pemutih, sebab produk tersebut mampu mendesinfektasi bagian dalam pada kloset.

Tuangkan cairan atau produk dengan merata hingga melapisi seluruh bagian pada mangkuk WC yang dapat dimulai dari bagian tepinya. Anda bisa menggunakan sikat untuk menggosok larutan hingga ke dalam mangkuk kloset, namun jangan lupa mengenakan sarung tangan karet sebagai alat keamanan. Setelah itu, diamkan kurang lebih selama lima menit dan biarkan larutan bekerja dengan baik.

Jika anda tidak memiliki produk desinfektan khusus toilet, alternatif lainnya, anda bisa menggunakan pemutih serbaguna. Cukup gunakan setengah cangkir takar pemutih dan tuangkan ke dalam mangkuk toilet, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sementara anda menunggu pembersih atau larutan yang telah anda tuangkan tersebut, anda dapat membersihkan sisa toilet. Gunakanlah desinfektan khusus kamar mandi dan biarkan selama 10 menit untuk menetralkan kuman, virus dan bakteri penghuni toilet.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan bahwa sebelum anda memberikan desinfektan, anda telah membersihkan permukaan terbuat dari kotoran yang menempel, agar cairan desinfektan dapat bekerja dengan baik.

Untuk langkah awal, anda bisa memulainya dari bagian teratas yaitu bagian dudukan toilet yang selanjutnya nanti dapat diteruskan ke bagian tangki dan lainnya.

Semprotkan desinfektan pada seluruh bagian toilet agar tidak ada kuman dan bakteri yang masih bersarang di sana. Diamkan selama kurang lebih 10 menit yang kemudian nantinya anda bisa mengambil spons atau handuk untuk menyeka permukaan dan pastikan bahwa permukaan benar benar kering. 

Langkah terakhir, anda bisa membilas bagian bagian pada toilet dengan menggunakan air dan pastikan juga sebelum anda menggunakan toilet untuk membilas dan membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air  yang mengalir.

Baca juga Membuat Septic Tank Murah dan Anti Penuh

Seberapa sering memberikan toilet yang ideal.?

Untuk jangka pembersihan toilet tidak perlu menunggu toilet terlihat kotor, lakukan sesering mungkin, semakin sering maka akan semakin baik. Namun dalam penggunaan zat kimia sebagai pembersih toilet, tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering, apalagi jika cairan tersebut merupakan cairan pembersih kerak yang bersifat cukup keras yang secara perlahan dapat mengikis bagian toilet jika terlalu sering digunakan. Hindari menggunakan produk atau zat kimia yang belum teruji dan dipercaya demi menghindari terjadinya hal hal yang tidak diinginkan pada ruangan toilet anda.