Jasa sedot WC Surabaya – Setiap rumah pastinya memiliki kloset, yang dimana kloset merupakan tempat untuk membuang tinja dari sisa sisa makanan yang dicerna oleh tubuh. Kloset atau toilet dapat dikatakan sebagai bagian rumah yang keberadaannya sangatlah penting, sebab ruang toilet tidak dapat digabungkan dengan ruang dapur, keluarga dan ruang lainnya, sehingga keberadaan ruang toilet harus dibangun secara terpisah.

Ruang toilet sendiri biasanya dibangun pada lokasi atau bagian rumah belakang untuk menghindari tercemarnya udara dalam rumah dari aktivitas di dalam toilet.

Untuk menghindari tercemarnya lingkungan atau udara pada sebuah rumah, setiap toilet biasanya akan dibekali dengan septic tank. Septic tank merupakan penampungan atau tempat pembuangan tunja dari aktivitas toilet. Septic tank biasanya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dapat menampung kotoran kotoran yang berasal dari aktivitas toilet dalam jumlah besar dan waktu yang cukup lama.

 

Cara Kerja Septic Tank

Tempat meletakan septic tank biasanya akan ditanam di dalam tanah yang dikelilingi oleh dinding bata dengan penutup beton dan pada bagian penutupnya biasa dapat diangkat atau dibuka untuk mengontrol kondisi septic tank apakah sudah penuh atau masih dapat digunakan.

Pada septic tank juga biasanya dilengkapi dengan pipa T yang dimana pipa T tersebut berfungsi untuk memaksimalkan udara agar dapat masuk ke dalam septic tank sehingga udara yang masuk melalui pipa dapat menyuburkan bakteri untuk memusnahkan kotoran yang berada di dalam wadah pengolahan atau septic tank.

Konstruksi septic tank biasanya akan disesuaikan dengan kondisi ketinggian air dalam tanah, sebab jika septic tank memiliki ukuran yang cukup panjang yang sementara ketinggian air cukup tinggi, maka dapat menyebabkan septic tank menjadi terapung sehingga septic tank tidak dapat tertanam dengan sempurna.

Untuk penanaman septic tank sebaiknya dilakukan cukup berjauhan dari sumber mata air yang jaraknya minimal 10 meter, sebab septic tank yang terlalu dekat dengan sumber mata air dapat menyebabkan sumber air menjadi tercemar sehingga tidak akan baik untuk kesehatan.

Baca juga Menjaga Bakteri Yang Ada di Dalam Septic Tank

Perawatan Septic Tank

Untuk perawatan septic tank sebenarnya tidaklah membutuhkan perawatan yang rumit, yang hanya saja septic tank harus dicek secara berkala untuk menghindari terjadinya masalah pada septic tank yang tidak diketahui dan ketika septic tank penuh atau saluran pembuangan yang menuju ke septic tank mampet, maka segera untuk melakukan penyedotan karena jika dibiarkan berlarut larut dapat menimbulkan berbagai macam masalah dalam fungsi dari septic tank.

Agar septic tank tetap aman dan bebas dari masalah, pastikan bahwa ketika anda menggunakan toilet atau kloset, sebaiknya hindari membuang sampah atau limbah yang tidak seharusnya di buang ke dalam kloset seperti bekas pembalut, bekas popok, dan lain sebagainya, yang meskipun selama ini terlihat aman aman saja, namun lama kelamaan hal tersebut dapat membuat pipa saluran pembuatan kloset ke septic tank tersumbat sehingga kloset tidak dapat digunakan lagi.

Jika septic tank atau pipa saluran bermasalah biasanya kloset akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap yang dapat mencemari udara di dalam rumah, dan bahkan juga dapat menyebabkan air yang dari dalam kloset meluap hingga memenuhi bagian kloset. Maka dari itu selalu cermat dalam menggunakan kloset agar nantinya kloset dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

Apabila anda mengalami masalah dengan kloset mampet atau septic tank penuh, maka silahkan hubungi kami CV Sumber Baru yang merupakan jasa sedot WC Surabaya berkualitas dan terpercaya.