Sedot WC Surabaya – Seiring dengan perkembangan teknologi, menghadirkan berbagai jenis inovasi ke dalam lingkungan masyarakat, salah satunya adalah septic tank. Ada beberapa jenis septic tank yang dapat ditemukan di pasaran dengan keunggulannya masing masing yang salah satunya seperti bio septic tank.

Bio septic tank memiliki beberapa keunggulan seperti harga murah, mudah dipasang dan terlebihnya aman dan ramah lingkungan. Tangki yang satu ini tidaklah membutuhkan tenaga listrik dan disinfektan.

Sebelum menentukan jenis septic tank yang ingin digunakan, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu terkait jenis tanah yang akan kita gali sebagai lokasi penanaman septic tank. 

 

Tanah jenuh air

Lantai pondasi cor beton lebih kurang 10 cm. Gunakanlah submersible pump atau pompa celup untuk tanah jenuh air. Anda wajib memberikan dasar alat kerja untuk proses instalasi tangki sebesar 10 cm yaitu berupa Cor beton dan pastinya juga jangan lupa persiapkan pompa celup atau submersible pump untuk memompa jika ada air ada tergenang di dataran tinggi.

 

Tanah yang tidak jenuh air

Lantai pondasi batu kerikil atau pasir halus setinggi 15 sampai 20 cm, sementara untuk instalasi bawah tangki yang tidak jenuh air atau lahan kering itu  kita cukup memberikan alat kerja berupa kerikil ataupun pasir dengan ketebalan kurang lebih 15 sampai 20 cm. untuk memastikan tingkat inflasi dan tingkat kerataan dari alat kerja, dalam proses pemasangan harus dibantu dengan satu orang.

Untuk langkah terakhir dalam proses instalasi pemasangan bagian atasnya, anda bisa menggunakan dua metode pemasangan yaitu metode cor di bagian atas dengan metode penimbunan.

Dalam proses penyelesaian, jangan lupa untuk mengamankan air dari luapan air dari sekitar jika sewaktu waktu terjadi hujan. Anda bisa membekali banci dengan ventilasi dimana yang dibuat kurang lebih setinggi 200 cm untuk menjaga kelancaran sirkulasi udara di dalamnya.

Baca juga Hindari Penyumbatan Pipa Saluran Septic Tank

Jenis Jenis Septic Tank Berdasarkan Bahannya

Saat anda hendak membuat septic tank biasanya anda akan dihadapkan dengan beberapa jenis septic tank yang terbuat dari material dan bahan yang berbeda. Berikut ini ada beberapa jenis septic tank yang banyak digunakan.

  1. Septic Tank Beton

Jenis septic tank yang satu ini adalah jenis septic tank yang terbilang cukup popular dan jenis septic tank ini banyak digunakan pada bangunan bangunan lama. Untuk jenis septic tank beton, beratnya bisa mencapai sekitar 2,40 kilogram yang membuatnya kuat untuk menahan gaya apung ketika ditempatkan di tanah. septic tank jenis ini terbilang septic tank yang cukup mudah untuk dipasang.

 

  1. Septic Tank Plastik

Jenis septic tank satu ini terbuat dari bahan plastik polietilen yang lebih baik dari jenis beton dan baja karena lebih ringan dan tahan karat. Dikarenakan bobot yang terbilang ringan, pemasangan septic tank ini harus diawali dengan pemeriksaan permukaan air di daerah tersebut, atau dengan memberikan system penahanan pada septic tank agar tidak mengambang dan menggeser tangki.

 

  1. Septic Tank Fiberglass

Jeni septic tank ini hampir sama dengan jenis septic tank plastic yang hanya saja menggunakan plastic yang diperkuat dnegan serat. Untuk bobot sendiri juga terbilang cukup ringan, maka mempertimbangkan tinggi luap air di dalam tanah perlu di perhatikan.