Sedot WC Surabaya – Septic tank merupakan sebuah wadah yang ditanam di dalam tanah. Septic tank merupakan wadah penampung yang berfungsi untuk menampung limbah limbah yang berasal dari aktivitas toilet, sehingga keberadaan septic tank pada setiap rumah hunian sangatlah dibutuhkan.

Meskipun keberadaan septic tank tidak terlihat karena ditanam di dalam tanah, bukan berarti kondisi septic tank tidak penting untuk diperhatikan, yang justru septic tank merupakan komponen rumah yang harus diperhatikan, sebab jika septic tank bermasalah maka fungsi toilet atau kloset akan menjadi terganggu.

Meskipun terbilang jarang terjadi, septic tank yang penuh kerap kali menjadi masalah yang harus dihadapi oleh sebagian besar orang. Masalah dengan septic tank yang penuh tentu dapat memberikan berbagai dampak dan resiko yang salah satunya dapat menyebabkan septic tank meledak. Meledaknya sebuah septic tank disebabkan oleh adanya gas metana yang terbentuk secara anaerob dari buangan atau limbah tinja dalam septic tank yang tertutup.

Untuk menghindari terjadinya masalah septic tank yang penuh, sebaiknya diketahui beberapa penyebab dari septic tank yang sering penuh.

 

Posisi pembangunan yang kurang tepat

Salah satu hal yang dapat membuat septic tank posisi pembangunan septic tank yang kurang tepat. Idealnya, septic tank harus dibangun dengan mempertimbangkan ketinggian air tanah. Semakin rendah tingkat air di dalam tanah maka akan semakin dalam dan semakin besar septic tank yang bisa ditanam.

Ketika hal tersebut tidak dipertimbangkan dalam membuat septic tank maka dapat menghambat proses penguraian limbahnya. Apalagi ketika memasuki musim hujan, daya penguraian cenderung menurun yang mana bisa menyebabkan penumpukan limbah.

 

Tidak ada saluran pembuangan gas

Dalam pembangunan septic tank, keberadaan saluran pembuangan gas sangatlah dibutuhkan, sebab tanpa adanya saluran gas akan menghambat proses penguraian limbah yang juga dapat membuat gas yang ada di dalam septic tank mengendap yang lama kelamaan jika terus bertambah, hal tersebut dapat memicu terjadinya ledakan dari septic tank. Maka dari itu penting halnya untuk membuat ventilasi agar gas dapat keluar dari dalam septic tank.

 

Ukuran dan Kapasitas Tidak Sesuai

Dalam pemilihan septic tank dianjurkan untuk memilih septic tank yang berukuran yang sesuai dengan kapasitas penggunanya. Pemilihan ukuran septic tank yang kecil dan tidak sesuai dengan kapasitas penggunanya dapat beresiko septic tank menjadi mudah penuh.

 

Kurangnya bakteri penguraian limbah

Dalam sebuah septic tank yang telah tertanam dan digunakan mengandung bakteri yang berfungsi sebagai pengurai limbah yang berada di dalamnya. Kurangnya bakteri tersebut menjadi salah satu penyebab proses penguraian menjadi lambat sehingga beresiko septic tank menjadi penuh.

Baca juga Mengenal Jenis Septic Tank dan Cara Membuatnya

Kebiasaan membuang sampah di dalam kloset 

Sebagian banyak orang memiliki kebiasaan dalam membuang sampah ke dalam kloset yang salah satunya adalah tisu. Sebagian besar orang beranggapan bahwa membuang tisu ke dalam toilet merupakan hal yang aman aman saja karena tisu dapat hancur dengan sendirinya, yang padahal ha; tersebut merupakan anggapan yang salah, sebab tidak semua tisu dapat terurai atau hancur jika terkena air.

Kebiasaan dalam membuang tisu bisa mengakibatkan saluran pembuangan antara pipa dengan septic tank menjadi tersumbat sehingga menyebabkan kloset atau toilet tidak dapat digunakan dan harus dilakukan penyedotan.

Jika anda mengalami masalah dengan saluran WC yang mampet, maka silahkan anda menghubungi kami CV Sumber Baru yang merupakan jasa sedot WC Surabaya berkualitas, terpercaya dan berpengalaman.