Jasa sedot WC Surabaya – Ketika aliran air pembilasan limbah mengalir secara lambat, maka ada dua kemungkinan masalah yang sedang terjadi yaitu pipa saluran tersumbat dan septic tank bermasalah. Kedua masalah ini kerap kali menunjukkan gejala yang serupa, sehingga bagi pemilik merasa kesulitan dalam memprediksi penyebab terjadinya masalah.

 Secara umum, septic tank adalah tangki penampung atau penyimpanan di bawah tanah, yang digunakan untuk mengalirkan limbah ke dalam septic tank yang nantinya akan diurai secara alami. Pada setiap septic tank dibekali dengan pipa saluran yang mengalirkan limbah dari rumah ke dalam septic tank dan pipa yang menyalurkan dari ruang septic tank menuju ke ladang drainase.

Ketika air pada sebuah septic tank berada pada level tertentu, saluran pembuangan akan mengalirkan air dari septic tank menuju ke ruang drainase atau ruang resapan air ke dalam tanah. tanah akan menyaring bakteri yang berada di dalam air sehingga resapan air menjadi relatif bersih.

Jika pipa yang menuju ke pembuangan ruang drainase tersumbat, maka septic tank akan dipenuhi oleh air, sehingga air yang berada di dalam septic tank akan dikembalikan ke pipa yang menuju ke rumah. hal ini biasanya ditandai dengan adanya bau yang tidak sedap keluar dari air yang telah dikembalikan septic tank tersebut. namun jika pipa saluran yang bermasalah, biasanya air yang disalurkan ke pipa pembuangan akan melambat, sebab pada pipa saluran pembuangan yang menuju ke septic tank memiliki cela yang sempit.

 

Penanganan Masalah Septic Tank dan Saluran Pembuangan Tersumbat.

Kondisi septic tank yang tersumbat, tidak boleh ditangani oleh orang yang tidak berpengalaman dan tidak dibekali dengan peralatan yang lengkap, sebab kesalahan dalam penanganan masalah tersebut dapat berdampak serius pada septic tank atau orang yang berusaha memperbaikinya. Namun jika pipa saluran yang mengalami masalah maka anda masih bisa memperbaikinya sendiri.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pipa saluran yang mampet, salah satunya seperti berikut.

 

Mengeluarkan Benda yang Menyumbat

Salah satu metode manual yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah mampet, adalah dengan mengeluarkan benda yang menyumbat saluran. Untuk proses penanganannya, anda bisa memanfaatkan hanger kawat gantungan baju.

Bentuk hanger kawat gantungan baju agar berbentuk lurus, dengan membentuk bagian ujung sedikit bengkok.

Masukan kawat tersebut ke dalam pipa saluran dan kemudian raih benda yang menyumbat saluran.

Ketika benda teraih, maka tarik benda tersebut untuk keluar. Pastikan bahwa anda menariknya dan bukan mendorongnya, sebab jika benda tersebut masuk lebih dalam, akan menyulitkan anda untuk mengeluarkannya.

Baca juga Inilah yang Dilarang Untuk Dibuang ke Dalam WC

Menghancurkan Benda yang Menyumbat

Cara lain untuk mengatasi mampet adalah dengan memanfaatkan berbagai macam bahan, salah satunya adalah dengan menggunakan soda api.

Langkah awal dalam mengatasi mampet dengan menggunakan soda api, adalah dengan menaburkan setengah cangkir soda api ke dalam pipa saluran. Namun sebelum dituang, pastikan air sudah surut.

Setelah soda api di tabur, maka diamkan beberapa menit sampai soda api melarutkan atau menghancurkan benda yang menghalangi pipa saluran.

Sebenarnya, menggunakan bahan bahan kimia sebagai solusi atasi mampet tidak dianjurkan, sebab bahan kimia yang masuk ke dalam septic tank dapat mengurangi bakteri pengurai yang berada di dalam septic tank sehingga proses penguraian secara alami akan menjadi lambat. Untuk solusi terbaik yang aman, sebaiknya anda menggunakan jasa sedot WC atau jasa yang ahli dibidang tersebut. 

Baca Juga : Sedot WC Bojonegoro