Sedot WC Surabaya – Berbagai masalah yang terjadi pada ruang toilet, kerap kali membuat pemiliknya merasa bingung akan sebab dan penyebab dari masalah yang timbul. Salah satunya seperti WC yang bau namun tidak mampet. 

Bau tidak sedap yang timbul dalam toilet merupakan masalah yang tidak boleh diabaikan, apalagi jika di rumah anda sering kedatangan tamu, pastinya sebagai pemilik rumah akan merasa malu jika bau di dalam toilet tidak kunjung hilang. Banyak orang yang memilih untuk menyemprotkan pewangi ke dalam toilet, untuk menetralisir bau yang tidak sedap, namun sayangnya tindakan tersebut bukanlah solusi yang baik, sebab pewangi di dalam ruangan hanya bersifat sementara, sehingga anda mau tidak mau harus membeli pewangi secara terus menerus, yang pastinya akan cukup merepotkan, apalagi bahan jika pewangi tersebut terbuat dari bahan kimia, tentu akan menurunkan kualitas udara di dalam ruangan.

Menemukan sumber masalah dan memperbaikinya, adalah solusi yang paling tepat untuk menghadapi bau yang tidak sedap yang hadir di dalam toilet.

 

Mengidentifikasi Masalah dengan Mengenal Karakter Bau

Bau Menyerupai Bau Belerang

Ketika bau yang tidak sedap dari dalam toilet anda menyerupai bau belerang, maka besar kemungkinan adanya bakteri yang bersarang pada bagian toilet anda. Bau tidak sedap ini biasanya terjadi pada pipa saluran air.

Bau yang menyerupai belerang ini terkadang membuat pemilik toilet merasa bingung dalam menemukan sumber dari masalah tersebut, untuk mengetahui sumber masalah anda bisa melakukan cara yang sederhana yaitu dengan cara membandingkan aroma air.

Siapkan beberapa cangkir atau wadah yang digunakan untuk menampung air. Ambil air pada kran atau saluran air yang terdapat di dalam ruangan toilet anda. Cium aroma pada air tersebut. ketika air menunjukan bau yang menyerupai belerang, maka cobalah untuk mengambil air dari keran pada ruangan yang berbeda. Jika bau dari air tersebut sama, maka besar kemungkinan sumber mata air anda tercemar, namun jika hanya satu gelas yang mengeluarkan bau tersebut, maka besar kemungkinan terjadinya masalah pada pipa saluran yang menuju ke keran pada ruangan tersebut.

Untuk penangannya, tergantung dari masalah. Jika sumber mata air, maka mau tidak mau anda harus mencari sumber mata air pada lokasi yang berbeda dari sebelumnya, namun jika masalah tersebut terjadi pada pipa, maka mau tidak mau anda harus mengganti pipa yang menjadi saluran air yang menimbulkan bau.

Baca juga Masalah Pipa Saluran Pembuangan Septic Tank Mampet

Bau Toilet Seperti Limbah

Banyak pemilik toilet yang terkadang mengeluh dengan kehadiran bau limbah pada ruangan toilet mereka. Meskipun banyak faktor penyebab dari terjadinya masalah tersebut, namun masalah umum yang menyebabkan masalah ini terjadi adalah terletak pada p trap.

P trap adalah pipa yang berbentuk U yang menampung sedikit air di dalamnya untuk membentuk segel pencegahan gas dari selokan atau septic tank yang keluar ke dalam lubang kloset. Bagaimanapun, p trap memungkinkan gas-gas ini keluar melalui kebocoran, segel rusak, atau jarang digunakan. Untuk penanganan masalah ini, tentu anda membutuhkan tenaga ahli dibidang service masalah toilet.

Setelah anda mengetahui sumber bau maka sudah pasti anda tau penanganan dan cara mengatasinya. Agar tidak menimbulkan resiko yang memburuk, pastikan bahwa anda menyerahkan kepada tenaga ahli untuk penangannya.

Jangan pernah mencoba menangani masalah tersebut jika anda tidak dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman serta alat yang lengkap, sebab kesalahan dalam penanganannya, akan menimbulkan masalah yang lebih serius.